Beli Mobil Daihatsu Ayla Bekas | Astra Daihatsu Bali

Mau beli mobil Daihatsu Ayla bekas? Kini kamu tidak perlu khawatir. Karena kami akan memberikan kamu 6 tips wajib yang perlu kamu periksa saat memilih mobil bekas. Masuk dalam kelas city car, Daihatsu Ayla cukup menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Harganya yang cukup terjangkau menjadi nilai jual lebih saat pertama kali Daihatsu Ayla diperkenalkan di Indonesia 2013 lalu.

Nah, jika Anda berencana membeli mobil Daihatsu Ayla bekas, kamu wajib tau apa saja yang perlu kamu periksa sebelum proses jual-beli terjadi. Nah apa saja itu? simak pembahasannya di bawah ini.

[lwptoc]

6 Tips Membeli Mobil Daihatsu Ayla Bekas Agar Kamu Tidak Kecewa

1. Cek Kelengkapan Buku Service

Hal pertama yang wajib kamu cek adalah buku service, karena buku manual itu berisi catatan perawatan mobil. Di sini, kamu akan melihat sejarah mobil yang jelas dan detail. Hal yang perlu diperhatikan adalah konsistensi pemilik mobil sebelumnya mengunjungi bengkel untuk reparasi mobil. Jika tidak melakukan perawatan rutin maka akan terjadi masalah pada komponen mesin dan performanya. Sayangnya, masalah tersebut hanya bisa dilihat dalam jangka panjang.

2. Cek Tingkat Akselerasi

Daihatsu Ayla generasi pertama memiliki tenaga 65 dk pada 6.000 rpm dan torsi 88 Nm pada 3.600 rpm. Dengan spesifikasi tersebut, akselerasinya dinilai akan kalah dengan beberapa jenis mobil murah lainnya dengan kemampuan akselerasi yang lebih besar. Ini sangat jelas terlihat saat berkendara di tanjakan. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan hal ini saat membeli mobil Daihatsu Ayla bekas. Jika perlu silahkan test drive di berbagai kondisi jalan (terutama jalan menanjak). Utamakan untuk membeli mobil Daihatsu Ayla bekas dengan tahun pembelian yang minim karena ada banyak peningkatan fitur dari tahun pertamanya.

3. Cek Hendling Saat Berkendara

Mobil dikatakan nyaman dipergunakan juga dapat dilihat dari handling atau sistem pengendalian mobil tersebut baik atau tidak. Handling pada mobil biasanya mulai mengalami penurunan dan terasa tidak enak dari waktu ke waktu dan ini harus bisa dikenali dan dirasakan oleh pengemudi.

Sehingga dengan diketahui sejak dini gejala gangguan handling mobil bisa segera mendapat penanganan. Sebab jika hal kecil dibiarkan akan mudah berdampak pada kinerja bagian lain. Dengan kata lain perbaikan yang akan dilakukan semakin banyak dan besar biayanya.

Gangguan pada handling mobil akan meliputi dua bagian penting dan utama. Yang pertama pada sistem kemudi dan yang kedua tentu pada bagian kaki-kaki yang terhubung langsung dengan kemudi.

Untuk mengetauhi apakah hendling pada mobil baik-baik saja kamu dapat mencoba uji test drive sebelum membeli mobil Daihastu Alya bekas. Atau kamu bisa minta tolong kenalan/pihak bengkel untuk mengujinya.

4. Cek Busi dan Filter Udara

Komponen yang perlu diperhatikan saat membeli mobil Daihatsu Ayla bekas adalah busi dan filter udara. Pastikan kedua komponen tersebut masih dalam kondisi baik, sehingga tidak perlu diganti saat digunakan. Namun, jika mobil dirawat secara rutin, tidak perlu khawatir akan hal ini.

Mengapa kedua komponen ini penting? Karena kondisi busi dan filter udara yang baik akan mengurangi getaran pada mesin tiga silinder.

5. Cek Kondisi Fitur dan Interior

Dihatsu Ayla menawarkan beberapa varian dengan keunggulan berbeda pada produk awal tahun 2013. Oleh karena itu mohon diperhatikan apa saja kelebihan dari masing-masing varian tersebut agar Anda mempunyai gambaran saat memilih mobil idaman. Lalu kondisi apa saja yang perlu di cek? Kamu bisa memulainya dengan mengecek fungsi AC apakah normal atau tidak?, power window, kondisi aki, fungsi rem/cakram, wiper, kabel serta kelistrikan lainnya.

Selain fitur diatas kamu juga wajib mengecek kondisi interior bagian dalamnya, apakah sudah sesuai dengan keinginan kamu, cek juga bagian jok dan karpet-karpet apakah masih bagus atau tidak.

6. Cek Kelengkapan Surat Kendaraan

Yang terakhir sebelum kamu membeli mobil Daihatsu Ayla bekas dan terjadi proses jual beli. Kamu wajib cek kelengkapan surat-surat seperti BPKB dan STNK dan cek juga nomor rangka dan nomor mesin dari mobil yang akan kamu beli. Hal ini untuk menghindari jual beli mobil ilegal tanpa surat/bodong. Kamu tidak mau kan baru beli mobil eh taunya malah di sita oleh polisi karena kurangnya kelengkapan surat atau dalam daftar mobil curian.

Buatlah nota jual beli dengan pihak penjual dan surat pernyataan jika mobil tersebut sudah dibeli oleh kamu. Mintalah fotocopy atau scan KTP pemilik mobil untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kedepannya.

Nah sepertinya cukup itu dulu pembahasan dari kami tentang 6 tips membeli mobil Daihatsu Ayla Bekas. Tips ini sebenarnya tidak mengacu pada Daihatsu Ayla saja namun juga untuk mobil apapun yang kamu ingin beli. Jika kamu masih bingung, kamu bisa minta tolong orang bengkel yang paham tentang mobil untuk membantumu mengecek kondisi mobil yang akan kamu beli. Nah bagaimana menurut kalian? Jika ada pertanyaan dapat mengirimkan email keĀ halo@astradaihatsubali.com